PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pernahkan anda mendengar kata
Gadget, Sangat sering sekali kita mendengar kata itu akhir akhir ini. Pernah
kah anda berpikir mengapa benda seperti itu sangat diminati oleh banyak orang
saat ini?? Jawabannya karena seiring dengan kemajuan dunia teknologi saat ini
yang berkembang sangat pesat, bahkan mungkin saat kita sedang tidur pun dunia
teknologi terus menerus melakukan pengembangannya untuk memenuhi kebutuhan
manusia akan teknologi yang modern dan praktis. Dan mungkin beberapa benda yg
disebut dengan gadget ini ada ditangan kita seperti BlackBerry, Apple, Android.
Ketiga merek tsb sangat banyak dipasar indonesia, sehingga kita dapat mengikuti
perkembangan tecnologi yang semakin tahun semakin berkembang sangat pesat
sekali..
Dengan demikian, sebetulnya gadget
itu bisa dikatakan bisa menjadi peningkat nilai manusia atau bahkan bisa
meragukan, bahkan mematikan manusia. Para penggunga gadget sebaiknya memang
bisa menyadari akibat-akibat tersebut dan tentunya jika tepat guna pasti dakan
tepat sasaran. Gadget bisa memanusiakan manusia juga bisa mendegradasi manusia
dari yang semestinya. Karena gadget ibarat pisau, tergantung siapa pemegangnya.
Maka tetap bersikapcerdaslah dalam menggunakan gadget agar hidup dengan gadget
lebih baik daripada hidup tanpanya.
PEMBAHASAN
A. PERKEMBANGAN GADGET
Ada masyarakat yang terpengaruh
dengan perkembangan gadget ini dan ada yang tidak. Bagi yang tidak terpengaruh,
mereka santai saja menjalani kehidupan seperti biasa dengan gadget seadanya dan
tidak terlalu "ngoyo" untuk mendapatkan gadget terbaru dengan segala
pemikiran. Bagi yang terpengaruh, mereka selalu mengikuti perkembangan gadget.
Mereka berlomba-lomba membeli gadget terbaru dengan berbagai cara. Mereka
"ngoyo" memiliki gadget demi sebuah gengsi. Padahal belum tentu
mereka yang mengikuti trend gadget dapat menggunakannya dengan maksmal. Bisa
disebut dengan "yang penting punya dan paling bagus diantara yang
lain"
Seperti yang kita ketahui, perkembangan
gadget pada masa sekarang cukup pesat. Mulai dari alat untuk mendengarkan lagu,
mengambil foto, komunikasi, sampai komputer.
Contoh gadget untuk mendengarkan lagu :
- radio tape
- walkman
- MP4
- Ipod
Contoh gadget untuk mengambil foto :
- kamera manual
- kamera digital
- kamera SLR
- kamera DSLR
Contoh gadget untuk mendengarkan lagu :
- radio tape
- walkman
- MP4
- Ipod
Contoh gadget untuk mengambil foto :
- kamera manual
- kamera digital
- kamera SLR
- kamera DSLR
Contoh untuk komunikasi :
- Iphone
- Blackberry
- Android
Contoh dalam hal komputer :
- Windows XP
- Windows Vista
- Windows 7
dengan berbagai merk.
- Iphone
- Blackberry
- Android
Contoh dalam hal komputer :
- Windows XP
- Windows Vista
- Windows 7
dengan berbagai merk.
B. SEJARAH GADGET
Asal-usul dari “gadget” kata melacak kembali ke abad ke-19.
Menurut Kamus Inggris Oxford , ada bukti anekdotal untuk penggunaan “gadget”
sebagai nama pengganti untuk item teknis yang tepat nama seseorang tidak dapat
mengingat sejak tahun 1850-an, dengan 1886 Spunyarn buku Robert Brown dan
Spindrift, Seorang anak pelaut log keluar dari pelayaran dan rumah di clipper
teh Cina yang mengandung penggunaan paling awal di cetak. Etimologi dari kata
tersebut diperdebatkan. Sebuah cerita beredar luas menyatakan bahwa gadget kata
“diciptakan” ketika Gaget, Gauthier & Cie, perusahaan di balik repousse
pembangunan Patung Liberty (1886), membuat versi kecil dari monumen dan
menamakannya setelah perusahaan mereka , namun ini bertentangan dengan bukti
bahwa kata itu sudah digunakan sebelumnya di kalangan bahari, dan fakta bahwa
hal itu tidak menjadi populer, setidaknya di Amerika Serikat, sampai setelah
Perang Dunia I. Sumber lain mengutip derivasi dari Perancis gâchette yang telah
diterapkan pada berbagai potongan mekanisme menembak, atau gagée Perancis, alat
kecil atau aksesori.
Para Oktober 1918 isu Catatan dan
Pertanyaan berisi entri multi-artikel tentang “gadget” kata (12 S. iv. 187). H.
Tapley-Soper dari Perpustakaan Kota, Exeter, menulis:
Sebuah diskusi muncul pada pertemuan
Plymouth dari Asosiasi Devonshire pada tahun 1916 ketika ia menyarankan bahwa
kata ini harus dicatat dalam daftar provincialisms lisan setempat. Beberapa
anggota berbeda pendapat dari dimasukkannya dengan alasan bahwa itu adalah umum
digunakan di seluruh negeri, dan seorang perwira angkatan laut yang hadir
mengatakan bahwa telah bertahun-tahun menjadi ekspresi populer di layanan untuk
alat atau melaksanakan, nama yang tepat dari yang tidak diketahui atau telah
untuk sementara dilupakan. Saya juga sering mendengarnya diterapkan dengan
menggunakan sepeda motor teman untuk koleksi perlengkapan untuk dilihat pada
sepeda motor. ‘Nya pegangan-bar disiram gadget’ mengacu pada hal-hal seperti
spedometer, cermin, tuas, lencana, maskot, & c, yang melekat pada kemudi.
Menangani. The ‘menyulap’ atau pendek sisanya digunakan dalam biliar juga
sering disebut ‘gadget’, dan nama telah diterapkan oleh platelayers lokal ke
‘mengukur’ digunakan untuk menguji akurasi dari pekerjaan mereka. Bahkan,
meminjam dari masa kini Tentara gaul, ‘gadget’ diaplikasikan untuk ‘hal lama. “
Penggunaan istilah dalam bahasa
militer melampaui angkatan laut. Dalam buku “Di atas Pertempuran” oleh Vivian
Drake , yang diterbitkan pada tahun 1918 oleh D. Appleton & Co, New York
dan London, menjadi memoar seorang pilot dalam British Royal Flying Corps , ada
kutipan berikut: “kami perasaan bosan itu kadang-kadang hilang dengan gadget
baru -. “gadget” adalah Flying Corps slang untuk penemuan Beberapa gadget yang
baik, beberapa komik dan beberapa luar biasa “
Dengan paruh kedua abad kedua puluh,
“gadget” istilah telah diambil pada konotasi dari kekompakan dan mobilitas.
Dalam esai 1965 “The Gizmo Besar” (istilah yang digunakan bergantian dengan
“gadget” di seluruh esai), kritikus arsitektur dan desain Reyner Banham
mendefinisikan item tersebut sebagai:
Kelas karakteristik produk AS –
mungkin yang paling karakteristik – adalah unit mandiri kecil kinerja tinggi
dalam kaitannya dengan ukuran dan biaya, yang berfungsi untuk mengubah beberapa
set dibedakan dari keadaan ke kondisi lebih dekat keinginan manusia. Minimum
keterampilan yang diperlukan dalam instalasi dan penggunaan, dan ini terlepas
dari infrastruktur fisik dan sosial di luar itu oleh yang dapat dipesan dari
katalog dan dikirimkan ke pengguna prospektifnya. Sebuah kelas pegawai dengan
kebutuhan manusia, ini klip-pada perangkat, gadget portabel, memiliki pemikiran
Amerika berwarna dan tindakan jauh lebih dalam.
D. TREND GADGET MOBILE
Sekitar awal tahun 2010 Apple mengeluarkan seri IPAD, dan
hanya butuh waktu kurang dari 3 bulan untuk IPAD langsung menguasai pasar
mobile computing yang selama ini dikuasai oleh Tablet dan UMPC (Ultra Mini PC),
bahkan IPAD turut mempengaruhi pasar Smart Phone.
Padahal sebelum diluncurkan,
beberapa pakar IT kelas wahid ramai-ramai mencibir IPAD sebagai barang
“nanggung” dan tidak berguna. Artinya adalah kurang ringkas untuk skala mobile,
dan kurang berguna untuk memenuhi sasaran kebutuhan computing. Salah satu yang
melontarkan pernyataan ini adalah Bill Gates (CEO dari Microsoft) dan Jim
Ballsilie (CEO RIM (Produsen BlackBerry)). Mereka pada mulanya beranggapan,
tidak mungkin IPAD dapat menggusur pangsa microsoft di bidang Computer dan
Blackberry di bidang SmartPhone.
Namun, mereka harus menerima
kenyataan bahwa Steve Jobs seperti “menyihir” dunia dengan memberi trend
terbaru bagi perkembangan teknologi di bidang Computer maupun Mobile Computing.
Ini memang terkait dengan inovasi pada gadgets Ipad dan Iphone itu sendiri,
terutama pada tampilan dan layar sentuhnya yang bekerja sangat baik, serta
system layanan online. “Sihir” Steve Jobs ini memang bukan kali pertama
dilakukan, jika kita mengingat sekitar awal tahun 2000 saat Steve Jobs merubah
cara orang menikmati musik dengan meluncurkan gadget unik bernama “Ipod”, yang
langsung menggusur walkman pada saat itu.
Pada kesempatan ini saya tidak membahas tentang
“sihir” Steve Jobs ini. Namun dengan cerita ini kita dapat menerima suatu
analogi bagaimana suatu inovasi dapat merubah mindset orang tentang teknologi
seperti yang dilakukan Steve Jobs. Saya akan lebih fokus pada topik umumnya,
yakni membahas “Trend Perkembangan Gadgets Mobile vs Netbook”.
Zaman dahulu orang selalu berpikir
bahwa Gadget Mobile fungsionalitasnya adalah lebih kepada sifat mobilenya dan
untuk smartphone dapat mengerjakan tugas-tugas yang tidak terlalu berat.
Sementara Netbok adalah perkembangan dari Desktop dengan model Komputer Jinjing
dengan kapabilitas kemampuan menyamai kemampuan Desktop terutama untuk
mengerjakan tugas yang sifatnya office.Padangan ini bukannya salah untuk ukuran
saat ini, namun perlahan mulai bergeser. Menurut
situs http://www.techblogx.com/netbook-vs-tablet.html, ada beberapa
perbandingan bagi konsumen untuk memilih notebook/netbook atau gadget
mobile(tablet,smartphone, dll)
1. Gadget mobile menawarkan trend teknologi terkini, dengan
tampilan menarik. Sementara Notebook/Netbook lebih menawarkan kepada
Performa pekerjaan.
2. Gadget mobile lebih menawarkan kepada keringkasan dan
mobility. Beberapa gadget seperti Ipad mungkin dapat menyamai performa dari
Notebook ataupun Netbook untuk memenuhi kebutuhan komputer. Mungkin resolusi
layar, kemampuan processor, memory, dan kapasitas penyimpanan hardisk.
Namun dengan User Interface yang dimiliki gadgets mobile, tak akan senyaman
dengan User Interface tradisional milik Notebook ataupun Netbook, seperti
keyboard.
3. Netbook/Notebook memberikan semua kelengkapan
komputerisasi sampai pada Optical Drive. Sedang Gadget tidak mungkin selengkap
itu. Contoh lain adalah port USB plugin play, yang hanya dimiliki gadgets
seperti IPAD dengan harga yang mahal.
4. Gadgets dan notebook/netbook sama-sama dapat memenuhi
kebutuhan mobile seperti telephon, sama-sama mendukung teknologi video calling
dengan camera. Namun penggunaan tujuan mobile pada notebook/netbook tidak akan
senyaman pada mobile gadgets.
5. Harga untuk notebook/netbook lebih terjangkau daripada
gadgets mobile.
E.
KEGUNAAN DARI GADGET :
1. Audio Gadget, adalah gadget yang membantu Anda
mendengarkan musik favorit Anda di manapun, bentuknya sangat kecil, ringan dan
merupakan perangkat cerdas yang dapat memutar semua jenis musik dalam semua
format, mp3, wav, wma, dll. Audio gadget bisa berbentuk mp3 player dengan
beberapa jenis memori flash dengan aneka kapasitas, ada 256 Mb, 512 Mb, 1Gb, 2
Gb, bahkan mungkin bisa mencapai 20 GB, sesuai dengan kebutuhan Anda. Bentuk
MP3 player lainnya bisa berupa kaca mata , sangat praktis bagi orang-orang yang
mempunyai gaya hidup yang aktif. Gadget ini juga mungkin dapat disertakan pada
jam tangan, pena dan kamera digital.
2. Ipods, merupakan gadget yang sempurna untuk keperluan pribadi, mereka sangat cocok kalau disandingkan dengan musik dan fungsi perekaman, gadget itu juga memiliki opsi lain seperti radio FM, pembaca E-book (semacam ebook reader), perekaman suara. Ipods memiliki. Alat ini pun dapat memutar semua jenis musik, dalam beberapa model, mereka dapat memainkan video dan menampilkan gambar.
3. Gadget video, dengan gadget ini Anda dapat menonton video favorit anda dan menampilkan / berbagi foto pribadi Anda. MP4 player adalah salah satu gadget yang memungkinkan anda untuk menonton film , klip video, rekaman pribadi dan bahkan bisa digunakan untuk bermain game. Gadget ini selain harus dapat mendukung semua fungsi video dan file foto, juga harus memiliki layar resolusi tinggi untuk menampilkan gambar yang bagus.
2. Ipods, merupakan gadget yang sempurna untuk keperluan pribadi, mereka sangat cocok kalau disandingkan dengan musik dan fungsi perekaman, gadget itu juga memiliki opsi lain seperti radio FM, pembaca E-book (semacam ebook reader), perekaman suara. Ipods memiliki. Alat ini pun dapat memutar semua jenis musik, dalam beberapa model, mereka dapat memainkan video dan menampilkan gambar.
3. Gadget video, dengan gadget ini Anda dapat menonton video favorit anda dan menampilkan / berbagi foto pribadi Anda. MP4 player adalah salah satu gadget yang memungkinkan anda untuk menonton film , klip video, rekaman pribadi dan bahkan bisa digunakan untuk bermain game. Gadget ini selain harus dapat mendukung semua fungsi video dan file foto, juga harus memiliki layar resolusi tinggi untuk menampilkan gambar yang bagus.
4. Gadget kamera, seperti kamera wireless internet, kamera
pengintai, kamera berbentuk kacamata hitam, dll. Dengan beberapa model kamera
internet nirkabel, anda dapat mengakses kamera dari mana saja, kapan saja
dengan menggunakan IP Adress .
F. Dampak
Positif dan Negatif Gadget.
1.Terhadap
pola perilaku Masyarakat
Dampak Positif:Dengan adanya Kemajuan dalam bidang teknologi dan peralatan hidup, masyarakat pada saat ini dapat bekerja secara cepat dan efisien karena adanya peralatan yang mendukungnya sehingga dapat mengembangkan usahanya dengan lebih baik lagi.
Lebih lanjut lagi dampak positif dalam globalisasi misalnya, adalah:
1.Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
2.Terjadinya industrialisasi
3.Produktifitas dunia industri semakin meningkat.
4.Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki.
5. Di bidang kedokteran dan kemajauan ekonomi mampu menjadikan produk kedokteran menjadi komoditi Meskipun demikian ada pula dampak negatifnya antara lain;1. terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan2. Sifat konsumtif sebagai akibat kompetisi yang ketat pada era globalisasi akan juga melahirkan generasi yang secara moral mengalami kemerosotan: konsumtif, boros dan memiliki jalan pintas yang bermental “instant”.
Dampak Negatif:
Dapat menghilangkan kebudayaan asli Indonesia, serta dapat terjadi proses perubahan social didaerah yang dapat mengakibatkan permusuhan antar suku sehingga rasa persatuan dan kesatuan bangsa menjadi goyah.
Apabila budaya asing masuk ke Indonesia, dan tidak ada lagi kesadaran dari masyarakat untuk mempertahankan dan melestarikannya, dipastikan lagi masyarakat Indonesia tidak akan dapat lagi melihat kebudayaan Indonesia kedepan.
2.Terhadap Psikologis
Dampak positif :
a. Mempermudah komunikasi.
Dengan semakin canggihnya teknologi, seseorang dapat berkomunikasi dengan orang lain di belahan dunia dengan mudah.
b. Menambah pengetahuan.
Dengan menggunakan HP yang canggih kita dapat memperoleh banyak ilmu pengetahuan dengan mudah dan cepat. Seperti kita dapat browsing internet kapan saja dan dimana saja yang kita mau. Dan dari browsing internet itu, kita dapat memperoleh banyak ilmu.
c. Memperluas jaringn persahabatan.
Dengan menggunakan HP kita bisa memperoleh banyak teman serta kita dapat dengan mudah berkomuniokasi dengan teman kita.
d. Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru.
Dengan adanya metode pembelajaran ini, dapat memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.
Dampak negative :
a. Mengganggu perkembangan anak.
Dengan canggihnya fiture-fiture HP seperti kamera,permainan (games) dapat menggangu siswa dalam menerima pelajaran di sekolah. Tidak jarang sisiwa disibukkan dengan telfon dan sms dari teman mereka. Ada juga yang menggunakan HP untuk mencontek ketika dalam ujian, ada juga yang bermain games saat guru menjelaska pelajaran dan lain-lain. Kalu hal tersebut dibiarkan maka generasi yang akan datang bisa diperbudak oleh teknologi.
PENUTUP
Kesimpulan
Jaman sekarang adalah jamannya
teknologi. Perkembangan teknologi sudah sangat cepat hingga bentuk dari gadget
itu juga mengalami perkembangan yang signifikan. Dulu ketika belum mengenal
handphone dengan fitur yang paling sederhana pun telah dapat mengubah gaya
hidup pemiliknya. Kala itu, mungkin saja yang bisa memiliki gadget ini belum
banyak. Jumlahnya hanya sedikit, sehingga kesan gaya-gayaan sangat kentara.
Pengaruh tehnologi sendiri terus
mengalami perluasan. Pengaruhnya tidak hanya tingkat perkembangannya yang luar
biasa, tetapi dari minat masyarakat penikmat gadget itu sangat cepat, sehingga
model gadget terus bertambah dengan fitur-fitur lebih lengkap dan memanjakan.
Lihat saja hampir setiap orang di dunia ini sudah memiliki gadget,
meskipun jenis dan harganya yang bervariasi tergantung kebutuhan dan tuntutan
gaya hidupnya
Saran
Jaman sekarang adalah jamannya
teknologi. Perkembangan teknologi sudah sangat cepat hingga bentuk dari gadget
itu juga mengalami perkembangan yang signifikan. Dulu ketika belum mengenal
handphone dengan fitur yang paling sederhana pun telah dapat mengubah gaya
hidup si empunya. Kala itu, mungkin saja yang bisa memiliki gadget ini belum
banyak. Jumlahnya hanya sedikit, sehingga kesan gaya-gayaan sangat kentara.
Pengaruh tehnologi sendiri terus
mengalami perluasan. Pengaruhnya tidak hanya tingkat perkembangannya yang luar
biasa, tetapi dari minat masyarakat penikmat gadget itu sangat cepat, sehingga
model gadget terus bertambah dengan fitur-fitur lebih lengkap dan memanjakan.
Lihat saja hampir setiap orang di dunia ini sudah memiliki gadget,
meskipun jenis dan harganya yang bervariasi tergantung kebutuhan dan tuntutan
gaya hidupnya.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar